Refleksi Panggilan Jiwa

Mari Kita Buat Indonesia Tersenyum

Liburan Produktif Untuk Kader Dakwah Kampus


Saat ini adalah fase liburan perkuliahan yang lamanya lebih dari satu bulan, sebagai kader dakwah, apakah ada masukan agar kami bisa menjalankan liburan dengan produktif ?

Liburan panjang, masa yang sangat dinanti oleh seluruh mahasiswa. Liburan yang bisa mencapai lebih dari dua bulan ini pada beberapa kampus merupakan waktu yang panjang. Di kampus ITB, liburan panjang ini selama 2,5 bulan, atau 75 hari atau 10 pekan. Waktu yang sangat lama, akan tetapi bisa terasa cepat dan sia sia jika hanya digunakan untuk hal yang percuma.

Saya ingin bertanya pada Anda, bagaimana Anda memandang liburan ? apakah sebagai kesempatan untk refreshing, dimana Anda berharap dapat bersenang-senang, menenangkan otak sejenak agar ketika masuk menjadi lebih produktif. Ataukah Anda memandang liburan sebagai wahana untuk belajar, dimana Anda berkesempatan menambah kapasitas Anda yang pada masa perkuliahan, Anda tidak akan sempat untuknya, karena jadwal yang sudah padat. Dua paradigma ini, tidak ada yang salah, akan tetapi, jangan hanya memilih salah satunya saja. Saya akan mencoba menggabungkan liburan ini sebagai kesempatan belajar sekaligus refreshing.

Apa saja kelebihan liburan ketimbang waktu lainnya ?. Pada masa liburan waktu Anda lebih luang, tidak ada jadwal yang mengikat, beban pribadi lebih rendah ( karena tidak ada tugas kuliah ), dan aktifitas dakwah kampus pun jauh lebih santai. Banyak sekali kemudahan di masa liburan ini, sehingga segala keinginan Anda untuk jalan-jalan atau mengembangkan potensi diri dapat dilakukan, yang mana jika pada masa bukan liburan, Anda mempunyai 1001 alasan untuk menunda jalan-jalan atau mengikuti pelatihan pengembangan diri.

Dengan paradigma dan alasan diatas, kita sebagai seorang kader dakwah yang akan selalu mengamalkan surat Al Ashr dengan baik, perlu membangun sebuah rencana program liburan agar diri kita produktif dan siap untuk kembali ke medan dakwah dengan pribadi yang lebih baik dan fresh saat awal tahun ajaran.

Membuat Target

Langkah pertama adalah menentukan target yang Anda harapkan di liburan ini. Cobalah menjawab pertanyaan “saya akan seperti apa setelah liburan ?” untuk menentukan target Anda. Cobalah buat target yang realistis untuk dilakukan selama masa liburan, apakah saya akan hafal 2 juz setelah liburan, atau saya bisa menyetir mobil setelah liburan, saya membuat sebuah buku di masa liburan, dan lainnya. Buat target sebanyak-banyaknya dan seleksi mana yang paling sesuai dari alternatif yang ada.

Membuat Rencana

Coba jabarkan dari sekian pekan masa liburan, buat rencana kapan sebuah kegiatan akan dijalankan. Sehingga Anda dapat berpatokan pada rencana yang ada agar liburan Anda produktif.

Pekan / kegiatan

I

II

III

IV

V

VI

VII

VIII

IX

X

Menghafal 1 juz ( 20 halaman )

2 hlm

4 hlm

6 hlm

8 hlm

10 hlm

12 hlm

14 hlm

16 hlm

18 hlm

20 hlm

Belajar menyetir mobil

V

V

V

Persiapan syiar awal tahun

V

V

Backpacker keliling Sumatera

V

V

Membaca buku

Buku 1

Buku 1

Buku 2

Buku 2

Buku 3

Buku 4

Buku 5

Buku 6

Buku 7

Buku 8

Ini merupakan contoh sederhana perencanaan liburan Anda. Pastikan setiap hari yang Anda jalankan selama liburan terisi dengan hal yang bermanfaat. Jika tidak direncanakan dengan baik, biasanya kita mengisi waktu dengan bangun siang, sarapan, nonton televisi, menunggu zuhur, makan siang, tidur siang, shalat Ashar, berberes rumah atau bermain sambil menunggu malam dan seterusnya. Saya menyebutnya dengan istilah nyampah.

Apa saja yang bisa dilakukan untuk mengisi liburan ini ? saya mencoba membagi program liburan dalam 3 bagian, yakni refreshing, pengembangan diri, akademik, dan persiapan lembaga dakwah.

Refreshing

Kebutuhan biomachine manusia salah satunya istirahat, seperti mesin pada umumnya. Tubuh manusia juga butuh di tune up agar lebih baik kinerjanya. Bentuk refreshing dapat Anda pilih tergantung kebiasaan dan kesenangan Anda. Dengan memilih apa yang Anda senangi, maka efektifitas dari refreshing akan lebih terasa.

Olahraga, mengisi liburan dengan berolahraga lebih rutin, atau olahraga ekstrem seperti arum jeram yang dapat meningkatkan adrenalin

Wisata Kuliner, mencoba makanan khas atau unik di sekitar Anda. Mencoba makanan khas dari berbagai daerah menambah wawasan nusantara Anda terkait kuliner

Menjadi relawan, ini merupakan bentuk liburan yang bermanfaat, yakni menjadi sukalerawan di tempat atau kegiatan sosial, seperti panti asuhan, panti jompo, bakti sosial, atau jambore.

Backpacker, media wisata yang menguji kemampuan adaptasi dan daya survival Anda. Dengan bermodal terbatas, dan dengan bawaan seadanya, Anda bisa keliling daerah yang Anda inginkan. Apalagi jika Anda mempunyai kenalan yang cukup banyak sesama kader dakwah, tempat menginap dan sarapan pagi saya rasa akan terjamin untuk Anda.

Pulang Kampung, untuk mahasiswa yang kuliah bukan di daerah asal, mungkin pulang kampung menjadi pilihan yang tepat. Bertemu dengan orang tua dan teman-teman SMU adalah silahturahim-refreshing yang sangat bermanfaat.

Fotografi, untuk para penggemar fotografi bisa memanfaatkan momen liburan untuk sebanyak-banyaknya mencari foto yang diharapkan.

Pengembangan Diri

Mengikuti berbagai program pengembangan diri, baik itu dari sisi diniyah atau softskill. Masa liburan sangat tepat untuk mengikuti berbagai program pengembangan diri, karena waktu yang sangat lapang. Pilih bentuk medio pengembangan diri yang bisa menunjang aktifitas Anda untuk kedepannya. Pilihan untuk pengembangan diri antara lain ;

1. Training pengembangan diri ( ESQ, tung desem waringin, andri wongso, james gwee, dan lainnya )

2. Pertukaran pelajar atau summer camp ( banyak sekali momen pertemuan pelajar Internasional setiap musim summer,informasi dapat dicari di kedutaan besar atau universitas )

3. Homestay di luar negeri

4. Menyetir mobil

5. Kursus memasak

6. Pelatihan Wanadri / Menwa

7. Les bahasa asing ( TOEFL, IELTS, mandarin, jepang, perancis, jerman atau arab )

8. Menghafal Qur’an

9. Target membaca sejumalah buku

10. Kursus lainnya ( desain, menjahit, dan lain lain )

11. Kader Back to School ( dimana kader kembali ke sekolah Asal masing-masing untuk memajukan ROHIS di SMU )

Akademik

Fasaliburan panjang pada beberapa kampus ada yang membuka semester pendek ( SP ), ini merupakan kesempatan untuk men-cuci nilai atau mengambil mata kuliah semester selanjutnya. Gunakan kesempatan SP ini untuk memperbaiki IPK atau mempercepat kelulusan. Selanjutany Anda bisa juga dengan ber-magang di sebuah perusahaan untuk menambah pengalaman bekerja dan mencari pemasukan tambahan. Cari tempat magang yang berhubungan dengan kuliah Anda agar dapat berguna dalam masa kuliah. Selain itu, mengikuti proyek yang diadakan oleh dosen atau relasi juga bisa menjadi pilihan yang tepat.

Persiapan Lembaga Dakwah

Pada masa liburan biasanya lembaga dakwah vakum dari kegiatan besar. Oleh karena itu Anda bisa mengkoordinir kader untuk membuat perencanaan agenda dakwah dan melakukan agenda kaderisasi untuk kader. Merencanakan agenda dakwah dapat dilakukan dalam sebuah muker atau rangkaian rapat intensif untuk membuat perencanaan rekayasa kampus. Saya juga mengamati banyak lembaga dakwah yang memanfaatkan masa liburan ini untuk mengadakah diklat, outbound dan mabit.

About these ads

One comment on “Liburan Produktif Untuk Kader Dakwah Kampus

  1. karafuruworld
    July 12, 2008

    Alhamdulillah, Ka Ucup! Setidaknya selama liburan ampe sekarang bisa merealisasikan blog…
    Walaupun temanya masih remang-remang, yah… semoga aja seiring berlalunya waktu, cahaya yang nyata dan tegas bisa muncul untuk menerangi siapapun yang membuka blognya…
    Seperti punya Ka Ucup ini… Cieeee!
    Mangga, ah….
    Syukron atas tips-tips yang ada di tulisan ini…
    Assalamu’alaykum Wr. Wb.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on July 12, 2008 by in Dakwah Kampus, Islam dan Dakwah.

Twitter @udayusuf

  • [lowongan] apabila ada yg berminat, sila bisa hubungi saya personal 23 hours ago
  • [lowongan] nilai baik/sangat baik terutama dalam hal writing bahasa inggris. 23 hours ago
  • [lowongan] syarat nya adalah domisili di kota bandung, memiliki kualifikasi bahasa inggris yg baik. TOEFL IBT 100, IELTS 7. 23 hours ago
  • [lowongan] dan juga melakukan proof reading untuk dokumen yang ada (bahasa inggris) 23 hours ago
  • [lowongan] pekerjaan berupa menuliskan surat/dokumen/proposal dalam bahasa inggris. mereview dokumen tender dalam bahasa inggris/translete 23 hours ago

Inspirasi Terserak

kamu sahabat ke..

  • 1,065,718 pencari inspirasi..

Cinta dan Memimpin

Anda bisa mencintai seseorang tanpa memimpinnnya, akan tetapi anda tidak bisa memimpin seseorang tanpa mencintainya (Ridwansyah Yusuf, 2007)

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,281 other followers

Mimpi dan Asa

Tidak ada mimpi yang terlalu tinggi, yang ada hanyalah usaha yang terlalu sedikit (Ridwansyah Yusuf, 2013)

Copyright

The material on this site is copyright protected by the Copyright Act 1968. Attempts to use any material contained on this site for commercial use are strictly prohibited.
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,281 other followers

%d bloggers like this: