Refleksi Panggilan Jiwa

Mari Kita Buat Indonesia Tersenyum

visi dan misi yusuf, calon presiden KM ITB 09/10


visi

Melihat kondisi saat ini, berbicara tentang mengejar mimpi akan takdir Indonesia di masa depan menjadi sangat jauh untuk diraih dengan masa kepemimpinan kami yang mungkin hanya satu tahun. Oleh karena itu mimpi tentang takdir Indonesia di masa depan tersebut harus dikejar secara estafet oleh tiap-tiap masa kepengurusan dengan semangatnya masing-masing. Sebagaimana kabinet sebelumnya  telah menggaungkan kata-kata kebangkitan, maka kami akan meneruskan semangat itu menuju sebuah kemandirian. Di akhir kepengurusan, kami berharap bisa mewariskan semangat ini pada seluruh elemen KM ITB sehingga mekanisme estafet dalam perjuangan mewujudkan mimpi ini dapat berjalan : adanya benang merah yang menghubungkan capaian perjuangan tiap generasi di KM ITB.

Untuk mengejar itu semua kami tidak mungkin bisa bergerak sendiri. Dibutuhkan sebuah gerakan massif dari seluruh elemen yang ada di KM ITB ini dengan modal rasa kepemilikan terhadap KM ITB yang telah dibangung oleh kepenguurusan saat ini. Karenanya,

“MARI KITA BUAT INDONESIA TERSENYUM”

misi

1.       Membangun kesolidan tim di internal Kabinet KM ITB

Dibutuhkan orang-orang berkarakter yang memiliki kesabaran dan semangat rela berkorban agar Kabinet KM ITB memiliki suatu kekuatan tersendiri dalam memimpin kemahasiswaan di Kampus ITB. Namun, kekuatan masing-masing orang ini tidak akan efektif dan efisien tanpa kesolidan sebagai satu tim Kabinet KM ITB. Kesolidan tim di internal kabinet menjadi sebuah kunci penggerak dalam roda kemahasiswaan terpusat. Kesolidan ini dipandang dari dua paramater, yakni kesesuaian kapasitas pribadi dengan tanggung jawab yang diberikan serta kesatuan hati dan visi diantara para anggota Kabinet KM ITB.

Dengan adanya kesolidan tim di Kabinet KM ITB, diharapkan Kabinet mendapatkan kepercayaan untuk memimpin dan menginspirasi semua mahasiswa di ITB dalam melakukan sebuah tindakan nyata kepada masyarakat. Jika Kabinet KM ITB sudah dipandang sebagai suatu simbol kepemimpinan kemahasiswaan terpusat di ITB, maka sudah sejatinya Kabinet KM ITB bisa merangkul dan berjalan bersama dengan seluruh anggota KM ITB untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat Indonesia.

 

2.       Optimalisasi dan sinergisasi gerak lembaga kemahasiswaan

Sinergi adalah kombinasi usaha dari berbagai elemen KM ITB hingga mencapai kekuatan yang optimal, dan optimal adalah hasil terbaik yang bisa diwujudkan dengan memanfaatkan dan mengkombinasikan potensi yang tersedia.

Permasalahan Keluarga Mahasiswa adalah Obesitas Kemahasiswaan, yaitu adanya potensi besar dari semua lembaga kemahasiswaan kampus yang tidak terberdayakan dengan baik, yang pada akhirnya justru menghambat kemajuan sistem kemahasiswaan untuk kemashlahatan masyarakat ; boro – boro ngomongin rakyat, sendiri aja sering kelahi. Penyakit ini disebabkan oleh : input yang terlalu banyak tapi tidak termanfaatkan dengan baik, output yang tidak bervariasi dan kuantitasnya sedikit, kurangnya variasi kegiatan dan sedikitnya partisipasi mahasiswa. Untuk menyelesaikan permasalahan ini, dibutuhkan beberapa usaha, antara lain :

1.       Apresiasi hak dan kewajiban elemen KM ITB

2.       Penjaminan peran lembaga kemahasiswaan

3.       Advokasi konflik internal dengan kesepakatan bersama

4.       Mengimplementasikan Konsepsi KM ITB

Usaha di atas diharapkan dapat mewujudkan optimalisasi fungsi dan peran serta sinergisasi gerak lembaga kemahasiswaan dalam KM ITB. Optimal dan sinergisnya lembaga kemahasiswaan menjadikan KM ITB bisa lebih banyak berpikir, berkata dan bertindak untuk masyarakat.

 

3.       Apresiasi dan aktivasi potensi serta minat untuk pengabdian masyarakat

Apresiasi menjadi hal yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat yang kian individualis. Bentuk apresiasi yang tidak hanya sekedar ucapan “terima kasih”, akan tetapi suatu bentuk apresiasi yang dapat menginspirasi banyak orang untuk melakukan suatu kebaikan atau prestasi serupa. Pada dasarnya mahasiswa ITB memiliki banyak potensi untuk dikembangkan, dan jika potensi tersebut bisa dipertemukan dengan tantangan dan masalah yang ada di masyarakat, maka mahasiswa ITB dapat berkreasi dan berinovasi untuk perbaikan kesejahteraan masyarakat.

 

4.       Memimpin opini masyarakat Indonesia

Masyarakat Indonesia sangat membutuhkan opinion leader  dalam memutuskan langkah hidupnya, mahasiswa dapat memimpin opini yang ada di masyarakat selama itu berdasarkan kebenaran ilmiah serta pro terhadap rakyat. Kabinet KM ITB dituntut untuk dapat memiliki sudut pandang yang objektif dalam membawa suatu opini tertentu. Satu isu besar yang akan di usung adalah tentang “kepemimpinan nasional”. Isu ini tentu akan menjadi suatu isu besar di tahun 2009 hingga awal 2010 karena masa depan Indonesia kedepannya akan sangat dipengaruhi oleh kualitas pemimpinnya di masa yang akan datang. Indonesia akan bisa tersenyum jika masyarakat telah mendapatkan hak-haknya dengan baik. Salah satu cara agar masyarakat mendapatkan hak-haknya adalah dengan pemimpin yang adil.

Opini lain yang harus di bangun di masyarakat adalah cara pandangnya terhadap perubahan dan masa depan. Perlu diyakini bersama bahwa perubahan taraf hidup sangat mungkin terjadi oleh siapapun, seorang yang berasal dari keluarga kurang mampu, jika ia bisa mendapatkan cukup akses dan informasi untuk memperbaiki cara pandangnya tentang kehidupan dan perubahan, maka ia akan mempunyai kesempatan untuk meningkatkan taraf hidup diri dan keluarganya.

 

5.       Memimpin gerakan mahasiswa Indonesia

Gerakan kemahasiswaan ITB memiliki Identitas tersendiri yang bisa menjadi ke-khas-an dalam gerak kemahasiswaannya. Identitas yang dimiliki oleh gerakan kemahasiswaan ITB adalah :

a.       Berbasis kebenaran ilmiah, dimana hal yang dipaparkan atau di suarakan oleh gerakan mahasiswa ITB selalu berdasarkan kajian berbasis ilmiah.

b.      Dinamis, gerakan kemahasiswaan ITB bisa mengikuti kebutuhan dari isu yang berkembang di masyarakat, ia bisa reaktif maupun proaktif  tergantung kebutuhan.

c.       Kontinu, gerakan kemahasiswaan ITB memiliki visi jangka panjang dengan ekskalasi yang jelas.

Selain itu prinsip keseimbangan menjadi suatu prinsip yang dianut, yakni gerak KM ITB bisa melalui metode struktural dan kultural. Gerakan mahasiswa Indonesia yang saat ini semakin variatif dan diikuti pula dengan berbagai aliansi lembaga mahasiswa seperti Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia ( BEM-SI ). Memimpin gerakan ini bukan berarti “memimpin” secara de yure atau secara struktural, akan tetapi KM ITB diharapkan dapat menjadi bagian solusi, mensuplai ide, memberikan inspirasi dalam aliansi gerakan mahasiswa dimana KM ITB berada di dalamnya.

program kerja unggulan

Dalam menyusun program kerja unggulan di Kabinet KM ITB 2009-2010, ada suatu pola dasar yang digunakan untuk memudahkan cara pandang dalam optimasi peran mahasiswa dalam pengabdian masyarakat. Sinergisasi gerak antara ekonomi, profesi dan teknologi, dan pengabdian masyarakat akan menjadi mainstream  gerakan mahasiswa ITB yang akan menjadi Indonesia lebih baik. Pada kondisi ini Kabinet KM ITB diharapkan mampu menginisiasi sebuah semangat untuk menghasilkan suatu produk yang bisa diterima dan digunakan oleh masyarakat dan juga bernilai secara ekonomi.

Rencana Program Kerja :

1.       ITB EXPO

ITB EXPO merupakan sebuah akumulasi dari gerakan keprofesian dan pengabdian masyarakat yang dilakukan selama satu tahun kepengurusan. Pada dasarnya ITB EXPO nantinya akan menjadi sebuah “pasar teknologi” yang akan mempertemukan karya mahasiswa yang sudah di uji di lapangan dengan pengabdian masyarakat dengan para investor yang bersedia untuk membeli produk dari mahasiswa. Segala bentuk produk merupakan hal-hal yang bisa bermanfaat untuk masyarakat.

2.       Community Development Village

Sebuah desa binaan yang dikelola oleh KM ITB secara rutin dan berkelanjutan, berbasiskan pengembangan masyarakat yang menganut prinsip bertahap dan optimalisasi potensi lokal yang ada. Harapannya Desa binaan ini dapat menjadi laboratorium teknologi aplikatif yang dilakukan oleh mahasiswa.

3.       Ganesha Rescue

Komunitas taktis yang akan berperan dalam penanggulangan bencana/sosial. Dibentuk sistem pengkaderan yang jelas di dalam tim tersebut agar anggota tim betul-betul siap dan bisa bereaksi cepat terhadap bencana atau isu sosial yang ada.

4.       Bulan Inspirasi

Suatu bulan yang berisikan khusus untuk memberikan inspirasi kepada seluruh massa kampus agar mahasiswa dapat terbangun jiwa untuk mengabdi pada masyarakat dengan mengundang banyak tokoh yang dapat menginspirasi. Tujuan besarnya adalah agar mahasiswa dapat memiliki jiwa untuk berkontribusi untuk Indonesia

 

 

5.       Jambore Unit Kegiatan Mahasiswa

Usaha untuk membangkitkan potensi besar unit, pada jambore ini diharapkan ada keterbukaan dan komitmen bersama untuk menghidupkan unit agar dapat bersuara dan berkontribusi banyak terhadap kemahasiswaan dan Indonesia.

6.       Gerakan Technopreneurship Muda

Suatu gerakan menumbuhkan jiwa wirausaha di mahasiswa, dengan membangun semangat pantang menyerah, kreatif dan kerja keras. Berbagai usaha bisa dilakukan seperti dengan membantu pembiayaan bisnis plan dan memberikan tantangan terhadap masyarakat untuk lebih berpikir apa sesuatu yang bisa menjadi nilai jual dan dikembangkan.

About these ads

4 comments on “visi dan misi yusuf, calon presiden KM ITB 09/10

  1. portalwongsukses
    February 24, 2009

    LUARRR BIASA
    MOGA SUKSES KANG
    MEMBUAT INDONESIAnya TERSENYUM
    INDONEESIA BUTUH PEMIMPIN MUDA SEPERTI KANG UCUF
    MOGA SUKSES MEMIMPIN ITB

  2. Dea pratini
    March 3, 2009

    Te O Pe Be-Ge-Te.
    sayangnya mungkin saya belum merasakan sifat peka atw responsifnya sang cawapres (mungkin dah jadi Pres skrang ya…) terhadap kejadian di ITB selayak meninggalnya salah satu mahasiswa ITB setelah kejadian serupa ospek baru-baru ini. atw tentang kejadian pak Yusuf Kalla saat kunjungannya ke ITB baru-baru ini juga.
    mungkin saya termasuk pengujung berat blog nt, dan selalu menanti respon nt rehadap kejadian-kejadian tersebut yang begitu gembornya di berita TV. meski baru saat ini meninggalkan jejak di blog nt.
    (anggt DPM (Dewan Perwakilan Mahasiswa) Unsyiah )

  3. Pejuang
    April 26, 2009

    Majukan donk sepakbola Indonesia ………….

    Jangan terlalu banyak jual aset negara……….(ngaca dulu negara ini bukan punya kamu suf)

    Yang paling penting jangan hanya omong doang………..

  4. Jabbar
    May 14, 2012

    Semangat selalu akhie RidwansyaH…
    mariLah qt membuat indonesia tersenyum :-)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on February 22, 2009 by in Sahabat Kampus ITB.

Twitter @udayusuf

  • Itu siapa yg ngaduin ridwan kamil ke ombudsman? Alumni ITB jg pula ckck. Ini walikota udah bener kerja nya. Msh aja di adukan 4 days ago
  • ke Hongkong 7.3 juta bertiga itu murah atau mahal? #cekharga #survey 5 days ago
  • jangan minta saya komentari kebijakan presiden jokowi ya :-) posisi saya mau memperhatikan aja tanpa komentar kepada ybs 5 days ago
  • SBY ini terlalu baik dan ragu ragu ya 5 days ago
  • Halo semua :-) 5 days ago

Inspirasi Terserak

kamu sahabat ke..

  • 1,052,537 pencari inspirasi..

Cinta dan Memimpin

Anda bisa mencintai seseorang tanpa memimpinnnya, akan tetapi anda tidak bisa memimpin seseorang tanpa mencintainya (Ridwansyah Yusuf, 2007)

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,274 other followers

Mimpi dan Asa

Tidak ada mimpi yang terlalu tinggi, yang ada hanyalah usaha yang terlalu sedikit (Ridwansyah Yusuf, 2013)

Copyright

The material on this site is copyright protected by the Copyright Act 1968. Attempts to use any material contained on this site for commercial use are strictly prohibited.
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,274 other followers

%d bloggers like this: