Refleksi Panggilan Jiwa

Mari Kita Buat Indonesia Tersenyum

Ambon Manise – Sang Kota Laut


Bukan berlebihan bila terminologi kota laut dilekatkan pada ibukota Maluku ini. Jalan utama yang selalu berbatasan dengan laut memberikan sebuah sensasi alam yang tiada terbendung. Seakan-akan Ambon adalah atlantis di dunia modern. Penduduk dan laut sudah menjadi bagian kehidupan, laut adalah ambon dan ambon adalah laut. Perjalanan menyisir jalan utama Kota Laut Ambon adalah sebuah sensasi kehidupan baru untuk saya yang biasa hidup di sebuah kota yang jauh dari aroma pesisir.

kedatangan saya pagi ini sekitar pukul 7.00 waktu ambon, meski waktu sudah menunjukkan pukul 07.00, tetapi langit masih tampak seperti pukul 06.00 pagi jika dibandingkan dengan kota Bandung. menghirup udara segar ambon yang sangat sejuk menjadi kenikmatan tersendiri saat lubang pernafasan ini menghidup senyawa O yang yang telah berubah menjadi O2.

berbagai baliho, spanduk, billboard besar yang menandakan dukungan atas SAIL BANDA 2010 pun terasa sangat di pelataran parkir bandara pattimura ambon. saya memutuskan untuk menaiki sebuah angkot dengan supir bernama pak burhan setelah saya berkenalan dengannya dalam perjalanan. perjalanan pagi di kota ambon merupakan pengalaman baru untuk saya, mengikuti jalan yang seakan menjadi bagian dari pesisir dan mentari yang baru keluar dari kelambunya memberikan kehangatan tersendiri dalam perjalanan di Kota Laut Ambon.

petualangan di negeri timur ini adalah petualangan sendiri yang saya dedikasikan untuk diri saya sendiri. orang-orang sering menyebutnya solo-travelling. ya , boleh saja disebut seperti itu. tetapi buat saya ini adalah perjalanan pencarian inspirasi. hmm.. sahabat, mungkin  anda pernah mengalami masa dimana anda terlalu menjadi budak atas rutinitas diri anda dan menyebabkan diri anda menjadi orang lain. percayalah, solo travelling bisa memberikan kesegaran baru dalam aktivitas anda.

perjalanan saya 3 hari di kota ambon yang belum pernah datangi sebelumnya memberikan sebuah tantangan bagi diri saya, karena saya tidak begitu mengenal daerah ini sebelumnya dan ada apa saja di kota ini. akhirnya saya memutuskan untuk melakukan perjalanan dengan menyewa ojek secara harian di kota Ambon, dan menjadikan supir ojek juga merangkap sebagai pemandu saya selama perjalanan.

saya berkenalan dengan bu ronald (bu adalah panggilan untuk kakak lelaki, seperti mas, atau akang) sebagai seorang tukang ojek di daerah paso. saya dikenalkan oleh pak burhan, supir angkot yang saya naiki sebelumnya. melalui perkenalan ini, tanpa terasa saya sudah menjadi teman bagi bu ronald selama tiga hari di ambon manisee…

kota ambon adalah sebuah kota yang berkembang secara linear membentuk huruf U mengelilingi teluk ambon. keunikan dari posisi tata ruangnya antara lain; bandara dan pusat kota terletak di ujung U yang berbeda sehingga memberikan kesempatan bagi pendatang untuk bisa menikmati seluruh pantai di teluk ambon dengan tuntas. selain itu, jalan yang berbukit membuat pusat kota tepat berada di bawah bukit yang bisa dinikmati dari ketinggian. pusat kota ambon sejatinya tidak begitu besar, akan tetapi dibalik kesederhanaan ini terdapat berjuta gairah budaya timur indonesia yang sangat gemerlap.

saya berani mengatakan ini, karena sunggu saya merasakan sentuhan timur indonesia yang amat sangat manise. tiada keramahan dan ketulusan memuliakan tamu yang pernah saya rasakan sebelumnya. saya rasakan dari cara setiap orang yang saya temui memberikan sebuah sapaan hangat dan seakan-akan kita adalah saudara. tiada toleransi beragama yang saya rasakan seindah di ambon,  dalam perjalanan saya bersama bu ronald, saya selalu diberhentikan di masjid terdekat saat azan tiba. bukan saya yang meminta  untuk berhenti, akan tetapi beliau sangat paham bahwa sebagai seorang muslim saya harus sholat 5 waktu, padahal bu ronald adalah seorang nasrani yang taat. sungguh indah, dan saya menjadi bertanya tentang pemberitaan tentang konflik agama di sini, benarkah itu terjadi di dalam masyarakat yang sangat santun dan toleransi ini.

keindahan kota ambon sangat sempurna, perpaduan cantiknya alam dan mulianya para penduduk membuat ambon memang layak disandingkan dengan kata manisee. perjalanan di kota ambon memang cukup lengkap, selain pantai yang indah dengan tarian desir ombak, ambon juga memiliki berbagai bukit yang memberikan panorama spektakuler. salah satu bukit yang terkenal adalah gunung nona, dibukit ini para penikmat alam bisa melihat kota ambon dari ketinggian dan laut lepas yang membentengi ambon .

pada sisi lain kota ambon, dalam perjalanan menuju desa shoya, juga terdapat titik panorama yang sangat indah. sangat jelas terlihat bagaimana mega-mega langit beririsan dengan batas kota ambon. dalam perjalanan mendaki ke bukit-bukit di ambon, tiada lelah yang kan terasa, karena setiap langkah yang dipijak akan menghasilkan sebuah panorama baru yang tak terlupakan.

panorama siang memang seakan membuncahkan gairah petualang, tetapi jangan merasa puas dulu bila belum menikmati matahari terbenam di Kota Laut ambon Manisee. saya menikmati pemandangan mentari terbenam di atas kapal feri galalah-pokka. kapal ini memperndek jalan agar para pejalan tak perlu mengikuti jalan huruf U dan cukup memotong teluk dengan menggunakan feri pelni dengan harga yang sangat murah. buat saya perjalanan ini bukan sekedar menyebrang teluk, akan tetapi juga merupakan taman bermain untuk sepuasnya menangkap momen terbenamnya mentari dari berbagai sudut kamera.

selain menggunakan kapal feri, perjalanan menyebrangi teluk ambon ini juga bisa menggunakan sampan hanya dengan rp.1000 saja. jumlah yang sangat murah untuk transportasi dan pemandangan teluk yang sangat indah. seperti yang saya orkestrasikan sebelumnya, laut sudah menjadi bagian kehidupan ambon. masyarakat hidup, berkehidupan dan mencari penghidupan dari laut ambon yang menyimpang berjuta kekayaan.

manisoo ! … satu hal lagi yang unik dari masyarakat kota ambon adalah kebanggaan mereka terhadap timnas sepakbola belanda. memang secara kultur, ada kedekatan antara belanda dan ambon. masyarakat ambon bisa sampai berpesta keliling jalan saat belanda memenangkan pertandingan. di beberapa rumah bahkan, di pasang bendera belanda sangat besar untuk menunjukkan kecintaan mereka pada orang belanda. dalam percakapan saya dengan seseorang di warung makan, beliau sangat bangga bawah van persie dan van bronkhorst memiliki keturunan darah maluku.

kedekatan ini membuat beberapa kata dalam bahasa ambon merupakan kata serapan dari belanda, seperti jalan-jalan = fakansi (vacation), terima kasih = danke. bahasa ambon lainnya yang saya pelajari antara lain ; aku = beta, kamu = ale, kita = katong, kakak lelaki = bu, kakak perempuan = usy, selamat jalan = amatoo !

nice place it is… ambon manise….

About these ads

10 comments on “Ambon Manise – Sang Kota Laut

  1. oddie
    July 11, 2010

    Ulasannya menarik dan gambar2nya sangat melengkapi!
    Keramahan Ambon adalah keramahan khas orang belahan timur. Ini saya setuju sekali. Tulisan ini membangkitkan memori saat saya berkunjung ke sana tahun 2006 lalu. Terus terang, tulisan Bung Ridwan ini sedkit mengobati rasa rindu keramahan Ambon dan pantai kotanya yang cantik. Salah satu yang masih melekat dari kunjungan saya tahun 2006 itu adalah pantainya yg jernih dan bersih, bahkan di pantai yang berada di tengah kota. Mudah2an saat Bung Ridwan berkunjung, kebersihan pantainya masih tetap terjaga. Saya iri, saat berkunjung tidak menyimpan dokumentasi sebagus posting Bung Ridwan di sini. Thanks for sharing! :)

    Salam kenal,
    Oddie

    • Ridwansyah Yusuf Achmad
      July 11, 2010

      salam kenal juga oddie…

      masih bersih banget pantainya… sangat amat indah pantai di ambon.
      yuph,, semoga sedikit sharing ini bisa bermanfaat untuk para penikmat alam…

      cheers,
      warm regards,
      yusuf

  2. Cherish Idea Anissa Istanto
    July 14, 2010

    wah…kang kq ngambil gambarnya bagus2…
    bikin ngiri, pengen kesana^^

  3. Sammy.Wattimena Lokollo
    August 6, 2010

    Buat mas/Bung Ridwan,trimakasih sudah berkunjung dan mendokumentasikan foto-foto indah dari kota Ambon.kalau sempat lagi ke Ambon,sempatin berkunjung ke kota Masohi/Amahai dari dermaga tulehu nyebrang dengan km Cantika inova menuju Amahai.Di tempat itu ada satu tanjung yang sangat indah pantai,laut,pasir,dan bebatuan laut yg sangat indah.Namanya tanjung Kuako,dan masih banyak lokasi wisata yg menarik di kecamatan Amahai.(Putra Lounusa)

  4. rey
    August 7, 2010

    mantabs ambon !

  5. dita
    October 11, 2010

    Assalamualaikum wa rahmatullahi wa barakatuh
    Tulisan ini membuat hati saya tergerak untuk mengunjungi kembali tanah kelahiran.
    Terima kasih kak…
    Sayang saya hanya sempat menikmatinya sekitar tiga tahun saja, sehingga belum ada hal-hal yang membekas dalam benak saya. Yang ada hanyalah cerita-cerita dari orang tua dan keluarga saja. Tapi itu sudah membuat saya rindu sekali untuk bisa kembali ke sana. Ya, semoga saya pun berkesempatan berkunjung ke Ambon lagi…

  6. M. Hariyadi Setiawan
    June 27, 2011

    boleh dapat kontak hp bu ronald?
    siapa tahu perlu juga ojek harian saat di ambon

  7. venti
    December 2, 2011

    ambon manis e…
    gambar-gambar yang bagus,,,

  8. Revandy
    February 18, 2013

    Mas ridwan,,kalo punya rejeki yang bnyak,,main” ke ambon lagi yaaa..skarang ambon tambah maju looo…invite ya pin aku,,268319e5…hehehehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on July 10, 2010 by in Perjalanan.

Twitter @udayusuf

  • [lowongan] apabila ada yg berminat, sila bisa hubungi saya personal 2 days ago
  • [lowongan] nilai baik/sangat baik terutama dalam hal writing bahasa inggris. 2 days ago
  • [lowongan] syarat nya adalah domisili di kota bandung, memiliki kualifikasi bahasa inggris yg baik. TOEFL IBT 100, IELTS 7. 2 days ago
  • [lowongan] dan juga melakukan proof reading untuk dokumen yang ada (bahasa inggris) 2 days ago
  • [lowongan] pekerjaan berupa menuliskan surat/dokumen/proposal dalam bahasa inggris. mereview dokumen tender dalam bahasa inggris/translete 2 days ago

Inspirasi Terserak

kamu sahabat ke..

  • 1,066,937 pencari inspirasi..

Cinta dan Memimpin

Anda bisa mencintai seseorang tanpa memimpinnnya, akan tetapi anda tidak bisa memimpin seseorang tanpa mencintainya (Ridwansyah Yusuf, 2007)

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,281 other followers

Mimpi dan Asa

Tidak ada mimpi yang terlalu tinggi, yang ada hanyalah usaha yang terlalu sedikit (Ridwansyah Yusuf, 2013)

Copyright

The material on this site is copyright protected by the Copyright Act 1968. Attempts to use any material contained on this site for commercial use are strictly prohibited.
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,281 other followers

%d bloggers like this: